24 Mar 2012

Pemberian Pakan Pada Ikan Diskus


Pakan Ikan Diskus, Cara Pemberian Pakan Pada Ikan Diskus, Pemberian Pakan Pada Ikan Diskus, Makanan Ikan Diskus.

Diskus akan tumbuh dengan baik jika diberi pakan yang sesuai. Pakan yang bisa diberikan antara lain :

1. Pakan Alami
  • Infusoria dan Rotifera
Infusoria dan rotifera merupakan jenis mikroorganisme yang sering digunakan sebagai pakan burayak ikan. Rendaman air jerami atau pupuk kandang sudah dapat berperan sebagai habitat kedua mikroorganisme ini. Dengan mata telanjang, keduanya akan tampak seperti bintik-bintik putih yang bergerak dipermukaan air yang sedang mengalami proses pembusukan hebat. Infusoria merupakan salah satu kelas filum Protozoa. Jenis yang sering kita jumpai berada pada subkelas Ciliata, yaitu kelompok binatang bersel satu yang memiliki bulu getar. Ukurannya berkisar 80-350 mikron. Rotifera merupakan salah satu kelas pada filum tochelminthes. Ukuran tubuhnya ralatif lebih kecil, yaitu berkisar 50 – 300 mikron.
  •   Kutu Air
Kutu air termasuk janis udang-udangan renik yang masih primitif. Jenis yang paling terkenal adalah moina yang berukuran 500-1.000 mikron dan Daphnia yang berukuran 1.000 – 5.000 mikron. Sama halnya dengan Infusoria dan rotifera, kutu air juga menyenangi habitat perairan yang sedang mengalami pembusukan hebat.
  •  Artemia
Artemia dikenal sebagai brine shrimp juga termasuk dalam kelas udang-udangan primitif. Hidup secara planktonik diperairan yang berkadar garam cukup tinggi (antar 15 – 300 per mil)artemia dewasa yang dapat mencapai ukuran 1 – 2 cm dapat dijadikan pakan bagi diskus muda maupun dewasa. Artemia memiliki nutrisi yang tinggi yaitu protein 50% dan lemak 25% juga dinilai sebagai pakan alami yang steril dan bebas bibit penyakit.
  •  Cacing Tubifex
Pengunaan cacing tubifex atau cacing sutera sering dianggap penyebab kegagalan memelihara diskus, karena dipanen dari tempat yang kotor dan hampir dipastikan membawa bibit penyakit dan mengandung banyak senyawa berbahaya seperti logam berat. Namun sebenarnya, cacing tubifax dapat dijadikan sumber pakan yang patut diperhitungkan karna kaya akan berbagai mineral, lemak, dan protein.
  •  Bloodworm
Bloodworm adalah larva dari lalat Chironomus, yang memilki kebiasaan bertelur diperairan yang berkadar nitrat atau sedang mengalami pembusukan yang hebat. Bloodworm dapat digunakan dalam keadaan hidup atau sudah dibekukan.
  •  Jentik nyamuk
Penggunaan jentik nyamuk sebagai pakan diskus harus dicermati. Usahakan dalam pemberian pakan ini dalam jumlah yang sekali makan dalam jumlah yang normal, karna jentik yang tidak termakan akan menjadi nyamuk dewasa.
  •  Telur udang
Jenis telur udang yang sering dipakai untuk pakan ikan adalah udang galah dan lobster. Setelah dicuci bersih, telur ini dapat diberikan secara langsung kepada diskus atau dicampurkan dengan pakan buatan. Butiran telur yang halus ini sangat cocok diberikan pada siskus sejak burayak berukuran 0,5 inci.

Telur udang memang mengandung pigmen-pigmen seperti astaxanthin, cantaxanthin, lutein, dan karoten yang dapat berfungsi sebagai pemngakit warna alami.

2. Pakan Buatan
  • Pakan Komersial
Pakan ini di rancang dalam bentuk butiran-butiran kecil yang secara perlahan-lahan akan tenggelam seperti Tetra Bits atau Diskusbits. Jenis pakan ini memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan dapat digunakan untuk memberi makan diskus berukuran 1 inchi hingga dewasa. Namun pakan ini akan membuat pertumbuhan diskus akan lebih lama walaupun dapat menghasilkan diskus yang baik dan berkualitas.
  • Burger diskus
Burger diskus atau sering disebut hambur merupakan hasil olahan berbagai macam bahan makanan yang akhirnya menjadi pakan dengan komposisi nutrisi yang tepat.

Komposisi Pembuatan Burger

Protein & Lemak % Karbohidrat & serat % Aditif %
Jantung sapiDaging ikanUdangKerang LautDaging kepiting dll 65 WortelBayamTaugeTepung gandumdll 30 VitaminMineralPerekatAir 5

Dalam membuat burger, bahan-bahan seperti jantung sapi dan daging ikan terlebih dahulu dibersihkan dari serat-serat kasar sehingga didapatkan bagian dagingnya saja. Hal ini untuk mencegah munculnya gangguan pencernaan pada diskus. Jika menggunakan udang, kerang laut, ataupun daging kepiting sebagai sumber protein dan lemak, pastikan bagian kulit, cangkang dan bagian-bagian yang sulit dicerna  telah dibuang. Setelah bersih , bahan-bahan tersebut digiling menggunakan blender hingga didapatkan bentuk pasta. Begitupun sayuran yang dijadikan karbohidrat dan serat. Bagian sayuran yang dibersihkan, seperti batang, daun yang mongering, bagian pangkal, bagian yang mengering dan membusuk. Lalu dihancurkan dengan cara, dicincang halus, diparut, digiling, atau diblender.

Bahan makanan yang telah menjadi bentuk pasta tersebut kemudian dicampur dan diaduk hingga merata. Pada tahap ini baru ditambahkan vitamin dan mineral dalam jumlah yang telah ditentukan. Perlu dicermati, dalam pemilihan suplemen ini, usahakan untuk menggunakan bahan yng komposisinya mencakup berbagai vitamin dan mineral esensial. Vitamin untuk anak dalam bentuk cairan dapat digunakan, begitu pula produk vitamin dan mineral bagi hewan ternak yang mudah didapatkan di poultry shop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar