3 Mar 2012

Pengobatan dan Penanganan Penyakit Pada Ikan Arwana


Berikut Ini adalah Jenis-jenis Penyakit yang  sering menyerang pada ikan arwana serta cara pengobatannya :


1. Mata Juling atau Melotot
Mata juling atau melotot pada arwana dapat terjafi karena dua faktor, yaitu faktor genetik dan lingkungan. Posisi akuarium yang kurang tepat, pakan yang selalu dibawah, sinar yang menyilaukan, dan pakan terlalu berlemak dapat menyebabkan mata juling.


Penyakit mata juling dapat diatasi dengan terapi atau pembedahan. Jika juling tidak parah, cukup dilakukan terapi dengan cara menutup akuarium dengan kain atau benda gelap. Jika juling benar-benar parah baru dulakukan pembedahan. Pembedahan mata arwana harus didampingi oleh seseorang yang telah ahli membedah arwana karena langkah ini sangat beresiko.


Sebelum dioperasi, arwana harus dibius terlebih dahulu dengan menggunakan cairan pembius. Setelah arwana terbius, kelopak mata disayat sedikit, mata yang juling agak diangkat, kemudian mata dimasukkan kembali sambil dibetulkan ke posisi normal dan lapisan lemak dibawah mata dibersihkan dengan menggunakan pinset. Setelah operasi selesai, arwana diletakkan dekat pancuran air atau aerator agar segera siuman, kemudian arwana harus diletakkan dalam akuarium penyembuhan selama 1-2 bulan.


2. Mata Berkabut
Penyakit mata berkabut terjadi karena kornea mata yang terluka. Jika luka tidak terlalu dalam penanganannya cukup dengan memberikan larutan antibiotik, black water, atau daun ketapang ke dalam air akuarium. Arwana yang terkena mata berkabut harus dirawat dalam akuarium yang airnya benar-benar siap untuk dipakai.


3. Insang Terlipat
Insang arwana yang terlipat atau membuka terjadi karena kualitas air yang rendah atau tidak memenuhi syarat. Kadar oksigen tidak sesuai dan suhu air yng terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan insang terlipat. Insang yang membuka dapat disembuhkan dengan cara operasi. Setelah arwana dibius, insang dipotong selebar 1-2 cm, kemudian diobati dengan menggunakan pomate.


4. Sungut Melintir
Pada umumnya sungut arwana selalu mengarah kedepan. Namun ada kalanya sungut arwana terpelintir atau bengkok. Hal ini karena bakteri, benturan, atau kebiasaan arwana berada dipinggir akuarium. Sungut yang melintir atau bengkok dapat diatasi dengan cara memotong separuh sungut arwana. Sungut akan tumbuh kembali setelah 3 minggu.


Source: http://www.yuninurita.com/penyakit-dan-penanganan-pada-ikan-arwana.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar