27 Mar 2012

Hal Terpenting Dalam Pemeliharaan Ikan Hias

Hal-Hal Dalam Pemeliharaan Ikan Hias, Tips Merawat Ikan Hias, Persiapan Pemeliharaan Ikan Hias

Salah satu hal terpenting dalam pemeliharaan ikan hias adalah perlakuan kita agar ia bisa beradaptasi dengan lingkungan di tempat pemeliharaan. Selain itu ada 3 unsur yang saling terkait satu dengan lainnya yang menunjang keberhasilan pemeliharaan ikan hias.  Ketiga  unsur tersebut adalah sebagai berikut :

1. Unsur Air
Air merupakan salah satu unsure yang harus ada. Namun demikian air yang dimaksud adalah air yang mengandung kadar O2 cukup bagi kehidupan ikan.Untuk mendapatkan air dengan kadar O2 cukup bagi kehidupan ikan, ada beberapa perlakuan terhadap air tersebut yang antara lain adalah;

1.1.        Air sebelum dipergunakan untuk melepas ikan sebaiknya ditampung terlebih dulu selama 12 jam sampai dengan 24 jam atau dapat dipercepat dengan memberikan gelembung udara ke dalam air tersebut.

1.2.        Air dalam tempat pemeliharaan ikan diberi gelembung udara yang dihasilkan oleh aerator atau  blower/gelembung. Udara tersebut membantu kestabilan kadar O2 dalam air.

1.3.        Diusahakan agar terjadi sirkulasi air secara berkesinambungan dengan cara-cara sebagai berikut;
  1. Mengalirkan air dari sumber air ke bak pemeliharaan secara terus menerus (running water).
  2. Menyaring kotor dalam air dengan mempergunakan mesin penyaring / filter sehingga air selalu bersih dan tidak tercemar.
  3. Melakukan penyiponan atau pengurasan total terhadap air yang sudah jenuh/tercemar
Selain itu juga diperlukan kestabilan suhu air media peliharaan.  Pemanasan air dapat dipergunakan sinar matahari (secara alami) dan dalam kondisi tertentu dapat mempergunakan lampu listrik atau alat-alat pemanas yang banyak dijual di kios-kios ikan hias. Pengukuran pH atau dH pada air, pada saat ini masih belum banyak dipergunakan dan diperhatikan oleh pemelihara ikan atau peminat ikan hias.  Hal ini disebabkan karena merubah pH dan dH air memerlukan penelitian dan perlakuan yang cukup banyak menyita waktu serta memakan biaya yang tidak sedikit. Biasanya mereka hanya cukup mengetahui secara umum beberapa pH dan dH air ditempatnya,  jenis ikan apa yang sesuai dengan pH setempat tersebut. Dalam hal ini maka penulis hanya menekankan bagaimana cara yang terbaik agar ikan dapat beradaptasi dengan lingkungan yang ada dengan cara-cara yang sesederhana mungkin. Untuk itu maka 3 unsur ini merupakan syarat yang harus terpenuhi.

2.  Unsur Makanan
Makanan merupakan salah satu unsur terpenting bagi kelangsungan idup.  Namun demikian karena kondisi lingkungan tempat pemeliharaan tidak seluas dan sebebas di alam, maka pemberian makanan harus diatur sedemikian rupa sehingga tidak terjadi pencemaran akibat dari pemberian makanan yang berlebihan. Oleh sebab itu, pemberian makanan disarankan secukupnya, jangan berlebihan dan jangan kekurangan.  Penyiponan dilakukan setiap saat untuk menyedot sisa-sisa makanan atau kotoran ikan. Makanan yang terbaik untuk ikan hias adalah makan yang dihasilkan dari alam misalnya jentik nyamuk; cacing sutera; kutu air; serangga; udang dan ikan kecil. Kalau kondisi tidak mengijinkan untuk mendapatkan makanan alami, maka sebagai penggantinya dapat pula diberi makanan buatan yang biasa dikenal dengan sebutan pellet.

3.  Unsur Tempat
Unsur ketiga adaalah tempat atau sarana sebagai tempat tinggal ikan.  Tempat ini dapat berupa akuarium dari kaca bak, dari semen, paso atau dapat pula empang-empang dengan air yang jernih.  Pengisian ikan kedalam tempat tersebut harus sesuai  jumlah ikan dengan isi tempat tersebut.  Kalau tidak sesuai dengan daya tampung tempatnya maka akan terjadi kelambatan dalam perkembangan/pertumbuhan ikan bahkan dapat pula mengakibatkan kematian.  Pembuatan bak sebaiknya dibuat sedemikian rupa agar ikan pada waktu pengurasan, penggantian air atau waktu penangkapan ikan atau kalau perlu pembuatan  agar air dapat mengalir secara terus menerus sehingga di sirkulasi pada air tersebut. Tehnik bangunan tempat ini khususnya bak sangat berguna terhadap kelancaran kerja sehingga pembuatannya harus sempurna mungkin sehingga dapat meringankan pekerjaan pembudidaya ikan hias.  Ketiga unsur ini yaitu; air, makanan dan tempat yang terkait satu dengan lainnya. Apabila salah satu dari ketiga unsur ini tidak terpenuhi dengan sempurna maka akibatnya perkembangan atau pertumbuhan ikan akan terganggu, bahkan kemungkinan pula bisa berakibat fatal yaitu mortalitas tinggi.  Keberhasilan dalam pemeliharaan ikan adalah merupakan suksesnya budidaya ikan hias. Keberhasilan hanya dapat dicapai apabila ketiga unsur yang saling terkait tersebut terpenuhi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar