21 Apr 2012

Cara Mengatasi Insomnia


Insomnia adalah gangguan bagi tidur baik saat akan tidur maupun selama prosesi tidur. Insomnia dapat disebabkan oleh penyakit dan kondisi mental seseorang. Penyakit yang dapat menyebabkan insomnia seperti gangguan fungsi hati, jantung, ginjal, dan hipertensi. Adapun gangguan karena kondis mental didominasi karena faktor stress, depresi, atau kecemasan.


Secara umum dapat terjadi hanya dalam beberapa hari saja, atau beberapa pekan, atau bahkan lebih. Hal ini sangat tergantung dari root cause – akar permasalahan penyebab insomnia atau susah tidur ini. Meski belum banyak mendapat perhatian masyarakat sebagai sesuatu yang serius, bagi orang yang merasakannya, kondisi susah tidur ini seringkali merupakan ujian yang “sangat berat”.


Berikut ini ada beberapa hal mendasar yang mesti diamati mengenai bagaimana mengatasi insomnia atau susah tidur:
  • Yang pertama yaitu berdoalah sebelum tidur agar kita jiwa merasa lebih tenang.
  • Pastikan bahwa tempat tidur Anda cukup nyaman. Tentu bila kasur / bantal terlalu keras, akan membuat gangguan tidur bagi Anda, sehingga Anda sulit tidur nantinya.
  • Hindari penggunaan obat tidur / pil penenang / anti depresi / pil anti stress dsb. untuk mengatasi insomnia. mengatasi insomnia – susah tidur – gangguan tidur – sulit tidur – tak dapat tidur – tidak bisa tidur – susah tidur malam Saya amat sangat tidak merekomendasikan hal ini. Mengapa? Semua obat-obatan ini bila dikonsumi jangka panjang, akan mengganggu organ-organ tubuh Anda. Selain itu, Anda akan berkeyakinan bahwa obat inilah yang akan membuat Anda tidur, alias ketergantungan obat.
  • Hindari kopi, susu high fat, dan alkohol sebelum tidur.
  • Hindari rokok seumur hidup
  • Makanlah makanan yang hijau-hijau, yang banyak mengandung Magnesium dan Potassium. Contohnya adalah kangkung dan bayam.
  • Perhatikan waktu makan
    Anda mesti memperhatikan waktu makan, beri waktu minimal dua jam sebelum tidur setelah menyantap makanan terakhir makan malam. Jarak makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur justru akan meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh, sehingga membuat tidur semakin sulit. Dengan cara ini, Anda juga dapat menjaga berat badan, mengingat tidur setelah makan besar akan banyak menyimpan lemak.
    Jika benar-benar kelaparan, pilihlah cemilan seperti sereal gandum yang dicampur susu, tofu, bubur gandum, atau roti yang ditaburi wijen. Namun, tetap saja berikan jarak minimal satu jam sebelum tidur karena tryptophan juga membutuhkan waktu untuk merangsang otak.
  • Jernihkan pikiran
    Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog.
  • Olahraga teratur
    Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar