18 Feb 2012

Jenis-Jenis Ikan Hias Koi


Berdasarkan polanya ada dua jenis ikan koi, yaitu ikan koi warna nonmetalik dan ikan koi warna metalik.


1.  IKAN HIAS NON METALIK

a. Kohaku, Ikan Hias Koi Paling Populer
Kohaku adalah varietas koi berwarna putih dengan bercak merah di badannya. Varietas ini paling popular di antara yang lainnya. Untuk mencapai corak seperti sekarang, dibutuhkan waktu lama. Dari seekor koi berwarna hitam, lahirlah koi berpipi merah lewat mutasi yang lantas ngetop dengan nama Hookazuki. Pada tahun 1800, dari Hookazuki ini lahirlah seekor koi berwarna putih. Koi putih dikawinkan dengan Higoi, lahirlah Haraka, yaitu Koi putih dengan bercak-bercak merah. Haraka sendiri  berarti berperut merah (red belly). Kemudian, berturut-turut lahirlah Hoo-aka (berpipi merah), Era-hi (berinsang merah). Sejak 1830, muncullah koi dengan sebagian kepala merah (Zukinkaburi), koi berbibir merah (Kuchibeni), dan Sarasa yang mempunyai punggung merah dan putih. Pendek kata, pada zaman Meiji, Kohaku dikenal luas dan mulai dikembangkan secara khusus.

Kohaku juga memiliki banyak jenisnya diantaranya yaitu :

  • Inazuma Kohaku mempunyai warna merah menyerupai bentuk kilat dipunggungnya
  • Gotenzakura adalah kohaku yang mempunyai bercak merah yang seimbang pada sisi kiri dan kanan punggungnya
  • Doitsu Kohaku Napoleon merupakan jenis kohaku jerman yang mempunyai warne merah, seperti topi Napoleon.
  • Fuji Kohaku adalah Kohaku yang mempunyai gumpalan berwarna perak pada kepalanya.

Semua varietas tersebut tampak sangat cantik. Namun, kecantikannya akan hilang ketika umurnya mencapai dua tahun.


Shiromuji adalah koi yang badannya berwarna putih biasa, sedangkan keseluruhan Akumuji berwarna merah biasa. Akumuji sering disebut Higoi. Higoi yang berwarna gelap disebut Benigoi atau Hiaka. Sementara Higoi dengan sirip putih akrab disebut Aka Hajiro. Tancho Kohaku adalah Koi yang keseluruhan badannya berwarna putih denga bercak merah pada bagian kepalanya.


b.  Taisho Sanke, Ikan Hias Koi Tiga Warna
Taisho Sanke adalah Koi yang tubuhnya dihiasi dengan merah dan hitam. Pala dasarnya merah, berada dibagian kepala garis lebar hitam dibagian dada. Taisho Sanke termasuk varietas yang cukup terkenal. Berikut jenis-jenis dari Taisho Sanke.

  • Tsubo Sumi adalah koi yang mempunyai tubuh putih dengan bercak hitam. Sementara
  • Kasane Sumi adalah koi yang pada warna hitamnya terdapat diatas bercak merah. Hal yang paling ideal adalah sirip yang juga mempunyai tiga pola warna.
  • Aka Sanke adalah Taisho Sanke yang warna merahnya membentang dari kepala hingga ekor. Koi ini memang mengesankan tapi kurang anggun.
  • Doitsu Sanke adalah Taisho Sanke yang masih merupakan keluarga karper kaca ini dikenal dengan Doitsu Aka Sanke.
  • Tancho Sanke adalah koi yang mempunyai warna merah berukuran lebar di kepalanya, tetapi ditubuhnya tidak berwarna merah.

c.  Showa Sanke, Berwarna Dasar Hitam
Showa Sanke atau Showa Sanshoku adalah koi berwarna hitam dengan hiasan putih dan merah dibadannya. Sepintas koi ini mirip dengan Taisho Sanke. Bedanya terletak pada warna dasarnya. Taisho berdasar putih sedang Showa berdasar hitam.

Pada tahun 1927, Juckichi Hishino mengawikaan seekor Ki Utsuri dengan KOhaku dan menghasilkan Showa Sanke. Awalnya warna merah yang menghiasi tubuh koi ini masih bercampur dengan coklat kekuningan. Selanjutnya, Tomiji Kobayashi berhasil mengawinkan Ki utsuri dengan Yogozaemon Kohaku dan menghasilkan Showa Sanke dengan warna merah yang murni.

Penampilan Showa Sanke seringkali mirip dengan Taisho Sanke. Untuk membedakannya, dibutuhkan ketelitian. Perbedaan antara lain sebagai berikut :

  • Showa Sanke mempunyai bintik hitam (sumi) di kepalanya, sedangkan Taisho Sanke tidak ada.
  • Warna hitam (sumi) pada Taisho Sanke hanya memenuhi punggung sedangkan Showa Sanke terdapat hingga perut.
  • Sirip dada Taisho Sanke berwarna putih atau bergaris-garis, tetapi pada Showa Sanke, warna hitam terdapat di lipatannya. Bagi yang Profesional, bintik hitam pastilah akan menjadi perhatian karena dari bintik inilah dua ekr koi benar-benar menjadi berbeda kualitasnya.

d.  Utsurimono

1.  Shiro Utsuri
Shiro Utsuri adalah koi yang mempunyai warna putih berbentuk kerucut di badanya yang hitam. Pada lipatan sirip dadanya, terdapat warna hitam. Shiru Utsuri sering pertama kali dihasilkan oleh Kazuo Minemura dari Mushigame di Perkampungan Yamakoshi. Warna putih pada Shiro Utsuri harus seperti salju, sedangkan warna hitam nya sebagai pendukung utama.
2.  Ki Utsuri
KI Utsuri adalah koi yang mempunyai bentuk kerucut berwarna kuning di badannya yang berwarna hitam. KI Utsuri muncul pada awal sejarah Koi. Ki Utsuri sudah ditemukan sejak awal Zaman Meiji. Hanya saja, waktu itu namanua Kuro Ki Han (bertanda hitam dan kuning). Baru pada tahun 1920, Eizuburo Hoshino memberinya nama Ki Utsuri. Warna hitamnya harus pekat, bentuk kerucutnya kuning, dan panhkal sirip dadanya bergaris-garis.
3.  Hi Utsuri
Hi Utsuri adalah Koi yang warna kuningnya menyerupai warna merah. Warna hitamnya sangan kontras dengan merah. Koi ini pada umumnya sangan memikat banyak orang karena keunikan warnanya mampu menyaingi Kohaku, Showa Sanke, maupun Taisho Sanke. Badan Hi Utsuri yang bagus tidak boleh bernoda. Pada sirip dadanya terdapat garis-garis. Jenisnya adalah Utsuri Doitsu, yaitu Utsurimono yang merupakan keluarga koi Jerman, Kage Utsuri, Ginshiro, dan Ogon Utsuri.

e.  Bekko, Perpaduan Putih dan Kuning
Bekko masih keluarga Taisho Sanke. Warna dasarnya merupakan perpaduan putih, merah, dan kuning. Sementara, warna hitam menjadi penghias di antara warna-warna tersebut. Macam-macam Bekko adalah sebagai berikut

1.  Shiro Bekko
Shiro Bekko aalah Taisho Sanke yang tidak punya warna merah. Garis hitam menghiasi kulitnya yang putih. Koi ini disebut bagus jika pada kepalanya terdapat warna hitam. Sandainya ada, warna hitam jangan sampai merusak keseimbangan warna secara keseluruhan. Warna hitam yang lebar paa punggung sangan diharapkan, sedangkan warna putih paa kepala tidak boleh kecoklatan. Pada sirip dada, terdapat garis-garis yang cantik, tetapi ada beberapa koi yang tidak mempunyainya.
2. Aka Bekko
Aka Bekko adalah koi yang mempunyai tanda hitam dipermukaan tubuhnya yang merah. Perbedaannya yang mencolok dibandingkan dengan Aka Sanke adalah Aka Bekko tidak memiliki bagian berwarna putih asli, sedangkan Aka Snak ada. Aka Sanke (red tricolor) boleh dikatakan sebagai bekko yang mempunyai warna merah, hitam, dan putih (yang biasanya yang terdapat pada perutnya). Aka Bekko yang memiliki warna merah pekat sangat diharapkan, tetapi umunya sangat jarang.
3.  Ki Bekko
Ki bekko adalah koi yang mempunya tanda hitam.
4.  Bekko Doitsu
Bekko Doitsu adalah dari Koi asal Jerman.

f.  Asagi, Ikan Hias Koi Berwarna Biru
Asagi adalah Koi yang mempunyai badan berwarna biru atau biru cerah dengan pipi, perut, dan lipatan sirip berwarna merah. Sisik-sisiknya  berwarna biru cerah dan membentuk sususnan yang tidak bercacat. Walaupun Asagi cenderung mempunyai kepala yang ada nodanya, tetapi sebenarnya yang bersih tak bernoda lebih disukai.beberapa asagi tidak punya warna merah di perutnya. Warna merah ini konon akan menjalar ke punggung sehingga menutupi warna biru sejalan dengan meningkatnya umur Asagi.


Asagi dengan bintik merah di kepala dinamakan Asagi Menkaburi (Mask convered). Lipatan sirip dada yang berwarna merah disebut sirip Shusui. Warna merahnya tidak akan tampak di punggung.


Kajo Asagi (Dark blue Shusui) adalah asagi yang warna badannya segelap warna badan koi hitam. Narumi Asagi adalah koi yang mempunyaipola narumi. Pola ini menjadi cirikhas Asagi karenamempunyai warna paling cerah di antara Asagi lainnya. Asagi Sanke adalah koi yang mempunyai warna punggung biru pucat. Di kepala dan bagian perutnya terdapat tanda merah dan bagian bawah perutnya putih susu.


g.  Shusui, Ikan Hias Koi bersisik Besar
Pada tahun 1910, yoshiori Akiyama menganwinkan Asagi Sanke dengan karper kaca dari Jerman dan menghasilkan Shusui. Shusui adalah koi yang sisiknya berukuran besar dan kulitnya lembut. Punggungnya berwarna biru gelap yang sangat cantik. Ujung hidup, pipi, perut, dan lipatan siripnya berwarna merah terbakar.


Hana Shusui adalah Shushui yang mempunyai tanda merah di kulitnya yang biru di antara garis sisik di punggung dan perut. HI Shusui adalah Shusui yang warna merahnya cukup luas hingga menutupi daerah punggung. Shusui yang berwarna hijau kuning dengan daerah punggung berwarna hijau gelap hingga ungu diberi nama KI Shusui. Jika punggungnya mendekati kehitaman dan tidak ada unsur warna hijau atau ungu maka koi tersebut bernama Ki Matsuba Coitsu. Pearl Shusui diberikan pada jenis Shusui yang mempunyai sisik punggung berwarna keperakan.


h.  Karomo, Ikan Hias Koi Keturunan Asgoi dan Kohaku
Karomo diberikan bagi koi keturunan Asagi dengan Kohaku atau peranakan sari asagi dengan salah satu Sanshoku. Macam-macam karomo adalah Aigromo (blue karomo), Sumi Karomo (Dark Karomo), Budo Sanshoku, Karomo Sanke, dan Karomo Showa (Ai Showa), Ai Goromo adalh peranakan Asagi dengan Kohaku. Sisiknya yang merah mempunyai lingkaran tepi biru.


Sumi goromo adalah koi yang warna hitamnya seperti tampak pada bercak hitam kohaku. Di kepalanya juga terdapat warna hitam. Koi yang mempunyai sisik ungu berbentuk anggur diberi nama Budo Sanshoku. Koromo Sanke merupakan peranakan dari Perkawinan Ai Goromo dan Taisho Sanke. Tanda biru keluar dari bercak merah pada Taisho Sanke. Sementara Koromo Showa (Ai Showa) adalah peranakan Ai Goromo dan Showa Sanshoku. Tanda birunya keluar dari bercak merah pada showa sanshoku.


i.  Kawarimono Lebih Gelap
Koi yang termasuk dalam daftar perkawinan Kawarimono adalah Karasugoi (Dark Koi), Kigoi (Yellow Koi), Chagoi (Brown Koi), Midrogoi (Green Koi), dan Matsuba. Karasugoi mempunyai badan yang lebih gelap dibandingkan Magoi (koi hitam). Kigoi adalah koi yang mempunyai badan berwarna kuning. Beberapa kigoi mempunyai mata berwarna merah. Chagoi adalh koi yang berwarna coklat. Khusus koi yang masih keluarga karper jerman, tumbuhnya lebih cepat dan umunya berukuran besar.


Matsubagoi adalah koi yang seluruh sisiknya berwarna cerah. Matsuba yang berwarna merah gelap disebut Aka Matsuba. Untuk Ki-Matsuba kuning putih disebut Shiro Matsuba. Kin MAtsuba dan Gin Matsuba merupakan sebutan untuk keturunan Matsuba dan Ogon.

Midrogoi adalah nama yang diberikan untuk koi jerman yang mempunyai sisik berwarna hiaju kekuningan. Ikan ini hasil budi daya Tadao Yoshioka yang mengawinkan jantan Shusui dan Yamabuki Ogon pada tahun 1965.


2.  IKAN HIAS KOI METALIK

a.   Ogon atau Hikarimuji Mono, Yang Keemasan
Ogon adalh koi yang badannya berwarna emas (Gold) ogon ditemukan ole Sawati dan anak laki-lakinya pada tahun 1946.
Ciri-ciri Ogon sebagai berikut :

  •   Kepalanya selalu berwarna cerah keemasan
  •   Sisiknya keemasan. Koi yang mempunyai sisik lebar pada daerah perutnya termasuk jenis yang dicari
  •   Sirip dada berkilau
  •   Bentuk bagus
  •   Warna tidak berbau gelap, meskipun suhunya naik.

Macam-Macam Ogon

  • Nezu Ogon aalah panggilan untuk koi yang berwarna perak
  • Platinum ogon adalh sebutan untuk koi hasil budidaya Tadao Yoshiaka (1963) yang merupakan peranakan dari Kigoi dan Nezu Ogon. Sesuai namanya, koi ini mempunyai badan berkilauan, seperti platinum.
  • Yamabuki Ogon adalah sebutan untuk koi yang mempunyai badan berkilauan, seperti emas murni. Koi ini merupakan hasil perkawinan Kigoi dan Ogon yang dilakukan masaoka pada tahun 1957.
  • Orange Ogon adalah Orange Hikarimono yang muncul pertama kali pada tahun 1956
  • Hi Ogon adalah koi yang mempunyai kepala jernih, sisiknya berkilauan, dan warnanya merah.
  • Kin Matsuba adalah Perkawinan antara Matsuba dengan Ogon. Kin Matsuba mempunyai sisik timbul yang sangat berkilauan seperti platinum.
  • Orange Doitsu mempunyai badan berwarna orange
  • MInzuhi Ogon adalah Orange Ogon yang mempunyai sisik hitam berkilauan pada bagian punggungnya.

b.  Hikarimoyo Mono Keturunan Ogon
Hikarimoyo Mono adalah keturunan dari perkawinan OPgon dengan Koi lain (kecuali Utsuri), termasuk juga Hariwake. Koi yang masuk dalam daftar Hikarimoyo Mono adalah :

  • Kariwake adalah koi yang mempunyai pola emas dan perak dengan kepala jernih
  • Yamabuki Hariwake adalah koi yang mempunyai warna emas murni dan platinum.
  • Orange Hariwake mempunyai warna emas orange dan platinum
  • Hariwake Matsuba adalah koi yang polanya seperti jarum cemara.
  • Hariwake Doitsu adalah koi hasil keturunan koi Jerman
  • Kikusui adalah sebutan untuk Yamabuki Hariwake Doitsu yang badannya seperti platinum dan mempunyai hiasan yang cantik pada sisi badannya.
  • Hyakunenzakura adalah sebutan untuk kikusui yang mempunyai hiasan berkilauan pada punggungnya.
  • Platinum Kohaku (Fin Fuji) adalah keturunan Kohaku dan Ogon. Koi ini mempunyai punggung yang putih berkilaun seperti platinum.
  • Yamatoni Shiki diberikan untuk menyebut Hikarimono dari Yaisho Sanke yang berhasil dikembangkan oleh Sakichi Hodhino pada tahun 1965. Koi ini mempunyai badan yang gumpalan platinum yang tampak indah sepanjang hari.
  • Hikarimino dari Shusui dinamakan Kinsui yang mempunyai warna merah. Namun, jika tidak ada warna merahnya, bernama Ginsui.
  • Sho Chiku BAi adalah Sebutan untuk keturunan Ogon dan Ai goromo yang mempunyai pola berbentuk kerucut berwarna biru.
  • Kujaku Ogon adalah koi yang berhasil budi daya Toshio Hirasawa pada tahun 1960. Koi ini merupakan keturunan dari Goshiki dan Ogon. Koi yang masih satu keluarga dengan koi jerman dinamakan Kujaku Doitsu.
  • Tora Ogon adalah keturunan dari Ki Bekko. Koi emas dengan tanda-tanda hitam di punggungnya disebut tora ogon.

c.  Kinginrin, Ikan Hias Koi Perak
Kinginrin adalah koi yang mempunyai tanda-tanda perak di badannya. Beta gin merupakan sebutan koi yang hanya sebagian besar badannya diselimuti warna perak. Sementara koi yang keseluruhan badannya berwarna perak dinamakan Tama Gin atau Platinum Ginrin.

Macam-Macam Kinginrin

  • Kinginrin-Kohaku adalah kohaku yang ada unsure warna peraknya. Jika perak ini terdapat pada warna putihnya, dinamakan Ginrin. Sementara jika warna putihnya muncul diantara warna merah, dinamakan Kinrin. Umunya warna perak ini tampak di bagian punggung.
  • Kinginrin-Sanke adalah sanke yang ada warna peraknya. Dulu wran perak yang tampak ini tidak disukai karena keberadaanya membuat warna merah dan hitam pudar. Kini, Ginrin Sanke dengan warna merah dan hitam yang cerah justru dibudidayakan.
  • Kinginrin Showa adalah showa yang mempunyai unsure warna perak
  • Kinginrin Bekko adalah Bekko yang mempunyai unsure warna perak
  • Hiarimono Kinginrin adalah Hikarimono yang mempunyai unsure perak yang relative masih baru. Platinum Ogon dan Yamabuki Ogon yang ada unsure peraknya merupakan ikan yang benar-benar menawan.

d.  M. Tancho, Memiliki lingkaran merah di kepala
Tacho adalah sebutan untuk koi yang sekujur badannya tidak terdapat warna merah, kecuali diagian kepala. Contohnya seperti Tacho kohaku, Tancho Sanke, dan Tancho Showa. Tancho Kohaku merupakan jenis koi dengan hiasan merah dikepalanya yang berbentuk hati atau lingkaran.


 Jenis ikan koi lainnya
-  Koi torpedo
adalah ikan koi yang memiliki bentuk tubuh kokoh dan kekar dengan kepala besar, pundak naik, serta pangkal ekor yang tebal dan sirip lebar sehingga menyerupai torpedo. Sedangkan


-  Koi bongsor
adalah jenis iakn koi yang bertubuh bongsor, bentuk pinggang hingga kepala membesar, warna tidak mudah memudar, serta tahan stress.


Source: http://www.yuninurita.com/jenis-jenis-ikan-hias-koi.html
Penebar Swadaya, 2008, Heru Susanto, Panduan Memelihara Ikan Koi – Citra Aji Parama, 2006, Ir. Suryani, Budidaya Ikan Hias.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar